Tips Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Monday, May 23, 2011 - 
Tahukah ladies bahwa penting banget menjaga kebersihan area kewanitaan kita, agar tidak keputihan atau gatal-gatal yang mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Berikut tips untuk menjaga area kewanitaan kita agar tetap bersih dan nyaman:

1. Gantilah pembalut sesering mungkin (kurang lebih 3 jam sekali) terutama pas haid sedang banyak-banyaknya. Karena pembalut yang terlambat diganti bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Keduanya akan tumbuh subur di tempat-tempat yang lembab.

2. Saat membersihkan diri, basuhlah dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Jika dari arah sebaliknya malah justru bisa memindahkan bakteri yang banyak bersarang di anus ke wilayah organ reproduksi kita, akibatnya bisa timbul gatal-gatal.

3. Hindari celana dalam yang terlalu ketat. Soalnya keketatan semacam ini akan menekan otot luar organ intim dan menciptakan suasana lembab. Lebih baik pakailah celana dalam yang tidak ketat dan berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Hindari pula celana jins yang terlalu ketat di daerah selangkangan.

4. Ketika berada di toilet umum, jangan gunakan air di ember atau penampungan untuk membersihkan. Gunakan saja air dari keran yang mengalir, ini akan lebih aman. Karena menurut penelitian air yang tergenang di toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans penyebab keputihan. Sedangkan air yang mengalir dalam keran mengandung kurang lebih 10-20%.

Jika ingin lebih aman maka sepulang dari toilet umum basuhlah organ intim dengan air hangat (cenderung panas) lalu keringkan dengan handuk lembut. Jamur dan bakteri mudah mati dalam air bersuhu tinggi.

Selain itu jangan keseringan memakai cairan pembersih organ intim (anti bakteri), sebab penggunaan secara rutin malah mengganggu keseimbangan flora di sekitar alat kelamin, juga bisa membunuh mikroba "baik" yg membantu menjaga kadar pH agar tetap seimbang dan memicu tumbuhnya jamur.



Semoga Bermanfaat =))

--The Man Who Says He Never Has Time Is The Laziest Man--

Anda juga dapat Melihat Postingan Lainnya disini ::

Karakter Wanita dari Sepatunya


Karakter Wanita dari Kegemaran Makan Buah

Penyebab Terlambat Haid


Manfaat Facial

Bahaya Memakai Lipstik



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...