Penyebab Oligomenorrhea

Tuesday, June 14, 2011 - 
Oligomenorrhea
Oligomenorrhea adalah menstruasi atau biasa disebut haid yang tidak dapat diprediksi datangnya. Istilah ini digunakan, jika siklus menstruasi tidak teratur. Oligomenorrhea dapat menyebabkan suatu masalah ketika hamil. Selain itu juga bisa membuat wanita lebih rentan untuk mengalami patah tulang. 

Perlu diketahui, jangan pernah menganggap jika haid tidak teratur berarti tidak ada masalah. Itu merupakan pertanda awal dari penyakit kronis, mulai dari kanker, jantung dan bahkan dapat mengakibatkan mandul. Setiap perempuan mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda dan relatif. Namun, normalnya menstruasi teratur setiap bulannya.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, standar siklus menstruasi yang normal adalah 22-40 hari, dimana menstruasi pertama dihitung sejak pertama kali darah keluar dari vagina. Namun perbedaan -/+ 5 hari dari siklus haid, masih dianggap normal. Tapi jika perempuan sudah tidak mendapatkan haid teratur tiap bulan, maka sebaiknya dilakukan penanganan.

Wanita dengan Oligomenorrhea akan terus mengalami menstruasi secara tidak teratur hingga penyebabnya diketahui dan kondisinya bisa diobati. Perawatan atau pengobatan Oligomenorrhea, tergantung oleh penyebabnya. Misalnya, faktor-faktor sosial seperti stress, sakit, pola makan buruk, dan sering bepergian juga dapat menyebabkan Oligomenorrhea.

Dalam banyak kasus, sering disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, yang terjadi ketika seorang wanita lebih banyak menghasilkan hormone laki-laki daripada hormon wanita. Hal ini bisa diobati dengan obat yang akan memperbaiki keseimbangan hormon dan mengembalikan siklus normal.

Selain itu Oligomenorrhea juga dapat disebabkan oleh polycystic ovarian syndrome (PCOS). Hal ini terjadi ketika seorang wanita terlalu banyak memproduksi hormon laki-laki sehingga menyebabkan kista kecil di dalam ovarium. Hal ini akan menggangu ovulasi dan siklus menstruasi. Belum ada obat untuk PCOS, namun dapat dikelola melalui pengendalian berat badan dan terapi seperti akupuntur.

Haid tidak teratur beresiko menyebabkan infertilitas atau sulit mendapatkan keturunan. Karena haid merupakan hal wajib yg harus dilalui oleh setiap wanita, dan merupakan suatu proses pembersihan rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar dan sel-sel yang tidak terpakai karena tidak adanya pembuahan atau kehamilan.

Semoga Bermanfaat =))

If You Leave Everything To Your Good Luck, Then You Make Your Life A Lottery.

Postingan Lainnya dapat Anda Lihat disini ::

PID (Pelvic Inflammatory Disease) atau Penyakit Rahim

Stadium pada Kanker Serviks


Manfaat Durian

Tips Mencegah Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...