Manfaat Kedelai bagi Wanita

Sunday, April 10, 2011 - 
Tahukah Anda manfaat kedelai bagi para wanita?? Ternyata banyak banget lhoo... yuk simak selengkapnya di postingan ini.

Kedelai dikenal sebagai panganan yang memiliki nilai gizi yang besar. Terdapat begitu banyak resep yang bisa diolah dari kedelai seperti tempe, tahu, kecap atau bisa dijadikan susu dan yoghurt.

Para dokter juga menyetujui bahwa kacang kedelai baik untuk kepadatan tulang, menjaga berat badan dan mengobati berbagai penyakit. Kabar baiknya bagi wanita adalah kacang kedelai bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan. Kacang kedelai dipercaya baik untuk kulit dan rambut.

Menurut dokter David Heber dalam bukunya yang berjudul “The LA shape diet”, wanita memerlukan 100 gram protein untuk melawan rasa lapar dan membangun otot badan mereka agar tetap ramping selama program pengurangan berat badan. Dan untuk mencapai protein yang tinggi dengan kadar kalori yang sedikit, maka protein kedelai lah yang cocok.

Dr. Heber lebih merekomendasikan protein kacang kedelai, karena protein kedelai lebih lembut dan aman serta sehat untuk mempercepat mengurangi berat badan secara permanen. Disamping itu, kedelai juga tidak mengandung kolesterol jahat yang tidak kita inginkan seperti pada hewan. Kedelai juga memiliki jumlah kalori yang rendah dibanding sumber protein lainnya dalam ukuran yang sama.

Berikut macam-macam manfaat dari kacang kedelai :

Kedelai mengandung isoflavon yang tinggi
isoflavon adalah semacam senyawa yang hanya terdapat pada tumbuhan yang memiliki sistem antioksidan. Senyawa isoflavon ini dapat memperbaiki, membantu mencegah kerusakan sel yang biasanya disebabkan oleh polusi, sinar matahari, atau proses tubuh. Radikal bebas juga dapat merugikan sistem imun, karena sering merusak sel. Mereka juga bertanggung jawab atas proses penuaan yang terlalu cepat. Disini isoflavon membantu memperkuat tubuh dari radikal bebas.

Mengurangi resiko serangan jantung
Protein pada kedelai mengandung LDL kolesterol atau kolesterol yang baik dan dapat menurunkan tekanan darah.sehingga Secara tidak langsung kedelai dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Melindungi dari kanker
Serat kedelai yang dapat larut melindungi tubuh dari berbagai penyakit regeneratif yang erat kaitannya dengan kanker, seperti kanker usus dan kanker pada bagian tubuh lainnya. Disamping itu, isoflavon yang terdapat pada kedelai juga dapat mencegah beberapa kanker, seperti kanker payudara, kanker kandungan, dan kanker prostat. Isoflavon disini bekerja melawan sel-sel kanker.

Mengurangi Sakit pada Haid
Kandungan isoflavon pada kedelai juga dapat membantu mengimbangi berbagai hal dalam siklus alami tubuh wanita. Seperti mengurangi nyeri saat haid bulanan, mencegah terjadinya pendarahan yang hebat karena gejala endometriosis.


Melindungi dari Resiko osteoporosis
Protein pada kedelai mempertinggi kemampuan tubuh untuk menyerap dan menahan secara lebih baik terhadap tulang. Isoflavon juga terbukti memperlambat serta mencegah kerusakan pada tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis. Malah, terdapat fakta mengejutkan bahwa isoflavon juga berperan dalam terbentuknya tulang-tulang baru.

Mengontrol gejala menopause dan perimenopause
Isoflavon pada kedelai membantu tubuh untuk mengatur hormon estrogen ketika hormon ini naik dan turun, sehingga hal ini juga dapat meringankan berbagai gejala yang berhubungan dengan menopause.


Membantu mengontrol Penyakit Diabetes dan ginjal
Protein pada kacang kedelai dan serat larutnya membantu mengatur lever glukosa dalam tubuh serta proses penyaringan pada ginjal. Sehingga dapat membantu mencegah penyakit diabetes dan ginjal.

Melembabkan Kulit
Kedelai merupakan pelembab terbaik untuk kulit kombinasi. Dapat melembabkan bagian-bagian kulit yang kering, sekaligus mengikis kelebihan minyak di kulit yang berminyak. Selain itu, kedelai juga mampu memudarkan tanda-tanda penuaan seperti perubahan warna kulit, bintik hitam, bahkan gari-garis halus.

Penuaan membuat hilangnya estrogen yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit. Kedelai memiliki kandungan fitoestrogen untuk membantu tubuh menghasilkan lebih banyak estrogen yang dapat mengurangi keriput dan garis-garis halus. Kedelai juga mengandung vitamin E yang mampu menyingkirkan sel kulit mati dan membentuk sel kulit baru, sehingga membuat wajah tampak lebih muda dan bersinar.

Untuk melembabkan kulit, caranya dengan menghancurkan kedelai yang telah ditambah sedikit air, lalu terapkan pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Perawatan ini bisa digunakan seminggu tiga kali.

Menguatkan kuku
Kedelai sangat baik untuk kuku rapuh. Mengonsumsi kedelai secara teratur selama enam bulan akan membuat kuku kuat dan bersinar. Kedelai juga mampu melembabkan kuku. Selain itu, kedelai juga dikenal untuk mengobati kuku yang terinfeksi jamur. Cukup celupkan kuku di kecap kedelai dan Anda terbebas dari jamur.

Rambut bersinar
Kedelai juga bisa digunakan sebagai produk perawatan rambut. Manfaatny adalah dapat membuat rambut lebih halus, lembut dan bersinar. Caranya dengan mengoleskan jus kacang kedelai pada rambut. Lakukanlah perawatan ini selama tiga bulan untuk melihat hasil yang diinginkan.

Semoga bermanfaat =))



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...