Menghilangkan Insomnia

Saturday, April 9, 2011 - 

Pernakah Anda mengalami insomnia atau susah tidur?? Pasti jawabannya adalah pernah. Insomnia bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Penyebab Insomnia, yaitu :
  •     Jet lag (terutama jika bepergian dari arah timur ke barat)
  •     Bekerja pada malam hari
  •     Sering berubah-ubah jam kerja
  •     Penggunaan alkohol yang berlebihan
  •     Efek samping obat (kadang-kadang)
  •     Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer)
Berikut ada beberapa tips untuk menghilangkan insomnia Anda :

1. Sebelum tidur, hendaknya untuk mandi air hangat. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketegangan tubuh. Selain itu perbanyaklah meminum air putih, hindari minum kopi ataupun makanan dan minuman berkafein dari sore hingga malam menjelang tidur.

2. Berhentilah memikirkan masalah yang Anda miliki atau khawatir tentang melupakan apa yang harus anda lakukan besok.

3. Buatlah Ruang tidur Anda senyaman mungkin , seperti mematikan lampu kamar dan mematikan suara yang mengganggu.

4. Pastikan Anda bangun di waktu yang sama tiap paginya. Tak peduli bagaimana kualitas tidur Anda, usahakan untuk bangun. Ini akan membantu tubuh Anda terbiasa dengan rutinitas.

5. Biasakan berolahraga. Namun jangan berolahraga tepat sebelum tidur.

6. Atur kondisi kamar senyaman mungkin, tenang, sedikit gelap. Jika jam dinding membuat Anda sulit terlelap sebaiknya jangan tidur menghadap jam.

Meskipun ada sejumlah obat insomnia, tetapi sebenarnya terdapat sejumlah ‘obat insomnia’ dengan bahan alami yang meliputi mengonsumsi makanan tertentu.

Berikut adalah tips menyembuhkan insomnia menggunakan berbagai macam makanan alami :

1. Minum Susu
Segelas susu, hangat atau dingin, dianjurkan dikonsumsi sebelum tidur bagi mereka yang menderita insomnia. Susu mengandung kalsium yang memberikan efek menenangkan.
Susu juga mengandung triptofan, neurotransmitter untuk membantu tidur dan merelaksasikan otot.

2. Mengonsumsi Pisang
Pisang juga mengandung triptofan yang merupakan prekursor alami untuk serotonin. Selain itu, pisang mengandung kalium, natrium dan magnesium yang juga memiliki efek menenangkan.
Pisang adalah camilan yang baik untuk membantu Anda segera tidur.

3. Mengonsumsi Gandum
Gandum kaya akan protein, yang juga dapat membantu insomnia. Gandum juga memiliki mineral kalsium dan magnesium, yang menenangkan saraf.
Diyakini bahwa makan gandum dapat menyebabkan relaksasi dan mempercepat tidur.

4. Snack Kacang Pikan
Beberapa kacang pikan membantu menyembuhkan insomnia. Kacang pikan mengandung vitamin B, khususnya vitamin B6. Vitamin B6 adalah kunci untuk menenangkan sistem saraf yang terlalu aktif.
Kacang pikan juga mengandung piridoksin yang menghasilkan serotonin, yang dapat memproduksi melatonin. Melatonin dikenal sebagai “hormon tidur,” dan banyak terkandung dalam pil tidur pada umumnya.

5. Mengonsumsi Beberapa Batang Seledri
Seledri dapat membuat Anda mengantuk. Seledri mengandung zat yang menenangkan, sehingga menekan saraf unntuk memberi isyarat agar segera tidur.

Nah, gimana ladies?? Lengkap kan?? Semoga bermanfaat =))



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...