Tips Menghilangkan Jerawat di Punggung

Thursday, April 7, 2011 - 
Jerawat bukan hanya saja mengganggu pada wajah anda, tatapi jerawat juga bisa mengganggu pada bagian tubuh lainnya seperti dipunggung. Jerawat dipunggung sangat sulit menghilangkannya, tidak seperti menghilangkan jerawat diwajah.

Penyebab munculnya jerawat
Menurut dr. Sandra Widaty, Sp.KK, ahli kulit dari FKUI, Jakarta, jerawat muncul disebabkan oleh empat pemicu yaitu :
Pemicu pertama, karena kerja kuman Propionibacterium acnes. Bakteri ini merupakan penghuni normal di permukaan kulit manusia. Ia bisa hidup di wajah maupun di punggung. Dalam keadaan normal, ia sebetulnya tidak berbahaya. Cuma, ketika kulit kurang terjaga kebersihannya, ia berulah dan menyebabkan timbulnya jerawat.
Pemicu kedua, tingginya produksi kelenjar minyak di kulit (sebum). Itu pula sebabnya jerawat mudah dialami orang yang kulitnya berminyak. Jika dua faktor ini berkumpul, maka jerawat tentu akan lebih mudah terjadi. Artinya, mereka yang kulitnya berminyak dan kurang menjaga kebersihan lebih berpeluang menjadi pelanggan jerawat.
Pemicu ketiga, adanya gangguan proses pengelupasan lapisan kulit luar. Jika ini terjadi, lapisan kulit yang mestinya mengelupas itu malah akan menyumbat saluran kelenjar sebum. Semua faktor ini bisa menyebabkan jerawat, baik di wajah maupun di punggung. Faktor terakhir adalah reaksi radang.

Khusus di punggung, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan jerawat makin mudah muncul. Misalnya pemakaian baju yang rangkap-rangkap. Efek ini akan makin bertambah jika yang bersangkutan berada di ruangan yang gerah, panas. Kondisi gerah akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan keringat. Sementara, pada saat yang sama keringat sulit kering karena punggung tertutup oleh pakaian yang tebal. Ditambah lagi, dalam kondisi lembap, kuman juga menjadi lebih mudah berkembang biak.

Secara fisik, bentuk bintil-bintil ini sulit dibedakan dari jerawat biasa. Yang membedakan adalah rasa gatal yang ditimbulkan. Jerawat biasa umumnya tidak begitu gatal, sekalipun sampai bernanah. Tapi khusus jerawat akibat infeksi jamur ini, kata Sandra, gatalnya terasa lebih jelas.
Bila masih ringan, jerawat ini bisa diatasi sendiri dengan krim benzoil peroksida 10% dan asam salisil. Namun, bila sudah berat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli kulit. Jerawat yang sudah parah tidak cukup hanya ditangani secara topikal (hanya di bagian yang terkena). Anda kemungkinan harus mengkonsumsi antibiotik dan antiinflamasi tertentu untuk menghilangkan jerawat tersebut dari dalam.


Ada 6 cara mudah untuk pencegahan jerawat di punggung, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Ketika habis mandi Anda bisa menggunakan pelembab.
2. Hindari terlalu sering menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis yang ketat, karena tidak menyerap keringat dan bisa memicu timbulnya jerawat
3. Karena kita tinggal di daerah beriklim tropis, biasakan mandi setidaknya 2 kali sehari untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang bisa menimbulkan jerawat
4. Jika Anda gemar berolahraga di alam terbuka gunakan tabir surya pada seluruh kulit termasuk punggung terlebih lagi untuk Anda yang gemar berenang.
5. Gunakan sabun mandi yang mengandung minyak seperti sabun yang berbahan dasar sulfur dan gunakan loofah bertangkai untuk menggosok daerah yang tidak terjangkau, seperti punggung.
6. Pertahankan keindahan kulit dengan perawatan body scrub secara teratur 1 atau 2 minggu sekali. Langkah ini membantu membersihkan kulit dan menghindari munculnya jerawat.

Menghilangkan jerawat di punggung dengan cara alami
Ada cara alami untuk menghilangkan jerawat di punggung salah satunya menggunakan putih telur dan mentimun, manfaat dari putih telur untuk mengangkat sel-sel kulit mati sedangkan mentimun ampuh untuk menghilangkan noda hitam dikulit.
Berikut ini tips yang saya peroleh untuk menghilangkan jerawat di punggung/ belakang badan secara alami :
1. Pisahkan putih telur dengan kuningnya, kemudian kocok putih telur hingga kaku/padat
2. Potong mentimun kecil-kecil
3. Blender mentimun dan putih telur hingga bercampur dan menjadi jus
4. Oleskan ke badan/punggung, biarkan selama 15 menit hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat.
5. Lakukan pengobatan terhadap jerawat di punggung 2 kali dalam seminggu, atau hingga jerawat menghilang.

Ada cara lain juga untuk menghilangakan jerawat di punggung, yaitu :
1. Eksfoliasi
Bisa memanfaatkan air perasan jeruk lemon untuk melakukan eksfoliasi. Campurkan saja air hasil perasan satu jeruk lemon ukuran besar dengan 1/2 sendok teh gula pasir. Lakukan eksfoliasi dengan campuran tersebut selama sekitar lima menit, kemudian bilas dengan air dingin. Anda bisa melakukannya minimal satu kali dalam seminggu.
2. Oleskan langsung pada bintik hitam
Untuk cara yang lebih simpel, cukup iris lemon dan oleskan langsung pada area kulit yang terdapat bintik hitam. Diamkan selama sepuluh menit. Lakukan minimal satu minggu sekali hingga bintik hitam menghilang.

Selain itu, Anda bisa mencoba obat Dexamethason 0.5 untuk menurunkan respon imun yang berlebihan.


Semoga bermanfaat =))




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...