Tips Memilih Pelembab Tubuh

Saturday, April 9, 2011 - 
Tahukah Anda bahwa pelembab bagi kulit tubuh sangatlah penting karena pelembab tubuh adalah bagian yang tidak tepisahkan dari perawatan kulit. Semua pelembap tubuh memiliki kombinasi air dan berbagai tipe minyak dan emolien (pengencer) lainnya. Oleh karena itu, pastikan pelembab yang Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda yaitu berjenis kulit kering ataukah cenderung berminyak. Selain itu, pilihlah seusai dengan seberapa kering kulit tubuh Anda, iklim tempat tinggal, dan bagian tubuh mana yang paling membutuhkan pelembap.

Berikut saran Dr. Jessica Wu, dermatologis dari University of Southern California, Los Angeles tentang cara memilih pelembap :

1. Lotion.

Jenis pelembab paling encer diantara jenis pelembab yang lainnya. Lotion yang baik, tak terlalu greasy (berminyak), dan menyerap dengan cepat. Lotion merupakan pilihan paling tepat jika Anda membutuhkan pelembap yang ringan atau bila digunakan untuk merawat kulit seluruh tubuh.
Pilihlah lotion jika Anda hidup di iklim yang lembap atau ketika cuaca mulai panas. Penggunaan body lotion yang terbaik adalah segera setelah mandi. Gunakan pada seluruh tubuh dan ulangi penggunaannya setiap kali kulit terasa kering.

2. Cream
Pelembab berbentuk cream tubuh lebih kental daripada lotion dan mengandung lebih banyak minyak pelembap. Jadi, pilih cream tubuh (body cream) jika anda memilik kulit kering dan paling baik digunakan di kulit tubuh yang paling kering, seperti lengan dan kaki, yang tak memiliki banyak kelenjar minyak dibandingkan dada dan punggung.
Jika ada jerawat di dada dan punggung artinya kulit Anda memiliki minyak alami yang cukup. Jadi hindari penggunaan cream di daerah ini. Gunakan skin cream jika Anda menemukan ada kulit yang mengelupas karena kering meski sudah menggunakan lotion.
Anda mungkin perlu juga menggunakan cream yang lebih kental jika cuaca makin dingin atau sedang bepergian ke daerah kering. Untuk mendapatkan hasil perawatan kulit maksimal dan kelembaban kulit terjaga, gunakan cream tubuh segera setelah mandi.

3. Body butter

Body butter memiliki proporsi minyak paling tinggi. Karena itu sangat kental mirip margarin atau mentega. Biasanya body butter memiliki kandungan shea butter, cocoa butter, dan coconut butter. Bentuk pelembap seperti ini bisa jadi sangat berminyak dan sulit dioleskan, tidak seperti cream massage. Maka akan sangat baik jika dioleskan di daerah yang amat kering dan cenderung pecah misalnya sikut, lutut, dan tumit. Untuk menghindari ceceran bekas body butter yang amat berminyak dan bisa menempel ke mana-mana, lebih baik gunakan body butter di malam hari.
Dengan memakai body butter kulit semakin terlindungi dari kekeringan, karena kelembapannya terjaga dari luar. Buat Anda yang berkulit berminyak, juga dapat memakai body butter agar tetap lembap dan kenyal. Perempuan berusia 30 tahun ke atas sebaiknya juga memanfaatkan keunggulan body butter karena kandungan minyak di kulitnya akan semakin berkurang.

Semoga bermanfaat ladies =))



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...